Sabtu, 16 Oktober 2010

peter sondakh

Jual Bentoel, Peter Makin Kaya Raya di Dunia
Peter Sondakh berada di peringkat 437 dengan total kekayaan US$ 2,2 miliar.
Kamis, 11 Maret 2010, 11:13 WIB
Heri Susanto

Peter Sondakh (forbes.com)
VIVAnews - Nama besar di jajaran taipan kaya asal Indonesia yang tetap bertahan di dunia adalah Peter Sondakh, bos Grup Rajawali.
Daftar 1000 orang kaya dunia yang dirilis Forbes pekan ini menyebutkan Peter Sondakh berada di peringkat 437 dengan total kekayaan US$ 2,2 miliar. Posisi Peter Sondakh kali ini jauh melesat dari tahun lalu di posisi 701 dengan harta kekayaan sebanyak US$ 1 miliar.
Sebagai seorang taipan papan atas Indonesia, Peter bukan saja dikenal sebagai bos grup bisnis besar di negeri ini. Namun, pria berusia 58 tahun ini juga memiliki rumah mewah di Beverly Hills.
Grup bisnis Rajawali yang dikendalikannya bergerak di berbagai bidang, mulai dari propert, pertambangan dan perkebunan. Semula, grup bisnis ini juga berniat mengembangkan bisnis maskapai pesawat, namun dibatalkan karena  bisnis penerbangan saat ini sedang susah.
Sebelumnya, Grup Rajawali juga dikenal sebagai produsen rokok besar di Tanah Air lewat PT Bentoel Internasional. Namun, ia kemudian melepaskan 56,96 persen sahamnya di PT Bentoel Internasional Investama Tbk kepada British American Tobacco, produsen rokok terbesar kedua di dunia.
Dana hasil penjualan itu, Rajawali mengantongi dana segar Rp 3,35 triliun. Menurut eksekutif Grup Rajawali, Darjoto Setiawan, sebagian besar dana itu digunakan untuk investasi di bisnis tambang. Selain itu, akan digunakan untuk memperluas kebun sawit, serta mengembangkan sektor properti.
Bentoel didirikan pada 1930-an sebagai perusahaan rokok kretek keluarga. Pada 1950-an, perusahaan sudah menjadi pioner dalam proses pengolahan tembakau secara otomatis.

Pada 1991, Rajawali diminta oleh konsorsium kreditur Bentoel untuk mengambil alih manajemen dan membantu melakukan restrukturisasi. Rajawali membantu Bentoel melakukan transformasi dari perusahaan keluarga menjadi perusahaan modern.
Pada 2000, Bentoel menjadi perusahaan publik dan menjadi salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar